Monday, November 21, 2016

Ciri orang beriman hijrah


Orang beriman akan selalu melakukan hijrah. Hijrah disini bisa diartikan membawa diri berhijrah menjadi lebih baik. Baik dalam segi keimanan, ketaatan dan ibadah. Artinya orang beriman setiap hari akan selalu lebih baik dari hari sebelumnya.

Orang beriman juga akan dengan sukarela berjihad di jalan Allah dengan diri serta harta benda mereka. Berjihad dijalan Allah dengan diri bisa diartikan bahwa orang beriman bersungguh-sungguh dengan dirinya untuk selalu berkelakuan sesuai tuntunan Allah. Melawan hawa nafsu adalah jihad yang besar, tetap beribadah dalam keadaan apapun juga adalah jihad. Berjihad dengan harta bisa diartikan bahwa orang beriman selalu ikhlas mengeluarkan hartanya di jalan Allah. Zakat, infaq, shodaqoh, memelihara anak yatim dan fakir miskin, dan lain-lain adalah cara-cara berjihad dengan harta.

Hal-hal diatas sudah dijelaskan Allah: “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah, dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan” (At Taubah : 20).

Sebagai kesimpulan dari 4 tausiyah terakhir, bahwa sebagian ciri-ciri orang beriman yang dapat dilihat dalam kehidupan antara lain :
(1) bahwa orang beriman sangat cinta kepada Allah.
(2) orang beriman sangat bisa menahan hawa nafsunya
(3) orang beriman selalu berhijrah
(4) orang beriman siap untuk ikhlas berjihad dengan harta dan dirinya.
Semoga, ciri-ciri itu bisa muncul dari diri kita, sebagai pertanda keimanan tingkat keimanan yang ada di dada kita. Dan semoga Allah menjaga kita agar tidak menjadi manusia yang sesat setelah beriman. Aamiin.

Demikian, semoga bermanfaat untuk kita semua.


repost : Ciri orang beriman hijrah

0 komentar:

Post a Comment